RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)

MEI
INTAN PERMATASARI
A320130079
CLASS
D
PENDIDIKAN
BAHASA INGGRIS
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2016
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD N 4 SRAGEN
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : I / I
Aspek : Speaking
Skill
Tema :
Today is Sunday
Alokasi Waktu : 1 x 15 menit
A.
Standar Kompetensi:
1. Berkomunikasi secara lisan
dalam wacana yang sederhana yang disajikan dalam suasana bermain secara fisik
atau/dan verbal.
B.
Kompetensi Dasar:
1.2 Kemampuan mengucapkan dengan
benar kata atau frasa yang telah diajarkan.
Indikator Pencapaian Kompetensi:
1. Siswa mampu mengucapkan
nama-nama hari dalam bahasa Inggris dengan tepat dan benar.
2. Siswa mampu menjawab
pertanyaan berkaitan dengan nama-nama hari dalam bahasa Inggris dengan benar.
3. Siswa dapat menjodohkan nama
hari dalam bahasa inggris dengan benar.
C.
Tujuan Pembelajaran:
1. Memberikan respon terkait
materi (nama-nama hari).
2. Siswa dapat menyebutkan
contoh nama-nama hari.
3. Siswa dapat berbicara dengan
intonasi yang tepat.
Karakter peserta didik yang diharapkan:
1.
Respect
2.
Diligence
D. Materi Pembelajaran:
There are seven days in a week.
Day
|
Fonetik (Phonetic Transcription)
|
Arti
|
Monday
|
[‘man.dei]
|
Senin
|
Tuesday
|
[‘thjuz.dei]
|
Selasa
|
Wednesday
|
[‘wenz.dei]
|
Rabu
|
Thursday
|
[‘03`z.dei]
|
Kamis
|
Friday
|
[‘frai.dei]
|
Jumat
|
Saturday
|
[‘sae.tha`,dei]
|
Sabtu
|
Sunday
|
[‘san.dei]
|
Minggu
|
Pertanyaan:
1. What day is it today?(Hari apa hari ini?)
Answer: It is Thursday.(Hari Kamis)
2. What day of the ceremony?(Hari apa upacara?)
Answer: Monday.(Senin)
E.
Metode Pembelajaran
Latihan
berbicara, menjawab pertanyaan terkait nama-nama hari, bernyanyi dan bermain
menjodohkan.
F.
Media/Sumber
Daftar
nama-nama hari/buku pegangan siswa An
English Book For Elementary Schools.
G.
Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan (2 menit)
-
Guru memulai kelas dengan sapaan.
-
Guru mengkondisikan kelas sembari mengecek kehadiran siswa.
-
Guru mengulas kembali materi pertemuan yang lalu.
-
Guru menyiapkan siswa untuk masuk ke dalam pembelajaran
dengan mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan materi: Do you know the days of the week?
2. Kegiatan Inti (11 menit)
-
Guru menunjukkan tulisan senin dan berkata “Monday”.
-
Guru meminta siswa untuk mengulangi apa yang ia katakan.
-
Masih menunjukkan tulisan “Monday” dan sambil memberi gerakan
menunjuk, guru berkata “Monday” dan siswa mengikutinya (lakukan kegiatan ini
sampai siswa benar-benar mengenali kosakata nama-nama hari (Monday, Tuesday,
Wednesday, Thursday, Friday, Saturday, Sunday).
-
Guru bertanya kepada murid terkait nama hari tertentu.
-
Guru mengajak siswa untuk bernyanyi terkait tema nama hari.
-
Guru menyuruh siswa mengucapkan kata-kata tersebut secara
bergiliran sampai seluruh siswa mendapat giliran. Apabila siswa masih salah
dalam mengucapkan kata tersebut, berilah contoh kembali dengan mengucapkan
kata-kata tersebut dengan benar.
-
Guru membuat kelompok 1 kelompok 3 orang maju kedepan
menjodohkan nama hari sesuai artinya.
-
Guru mengapresiasi hasil kerja siswa.
3. Kegiatan Penutup (2 menit)
-
Guru dan siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar
hari ini.
-
Guru memberi PR.
-
Guru dan siswa menutup pertemuan.
Kartasura, 07 April 2016
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
(Hepy Adityarini M.A., Ph.D) (Mei Intan
Permatasari)
NIP. NIM. A320130079
H.
Penilaian
dan Teknik Penilaian
LAMPIRAN







Menyanyi
nama-nama hari dalam bahasa Inggris
Pekerjaan
Rumah (homework)
Contoh
= S-U-N-D-A-Y = SUNDAY
1. M-O-N-D-A-Y
= …
2. T-U-E-S-D-A-Y
= …
3. W-E-D-N-E-S-D-A-Y
= …
4. T-H-U-R-S-D-A-Y
= …
5. F-R-I-D-A-Y
= …
Penilaian
Speaking Skill
No
|
Keterangan
|
Nilai
|
1.
2.
3.
4.
|
Baik dan cekatan
Cukup baik
Kurang baik
Tidak bisa
|
4
3
2
1
|
Nilai Maximal = 4
Tidak ada komentar:
Posting Komentar